IPO DIGEST: Saham BOAT Listing untuk Lunasin utang, Menarik?

IPO DIGEST: Saham BOAT Listing untuk Lunasin utang, Menarik?

Mikirduit – PT Newport Marine Services Tbk. (BOAT) berencana listing di bursa. Emiten yang bergerak di bisnis sewa kapal ini menawarkan harga IPO sekitar Rp100 sampai Rp120 per saham. Kira-kira, seberapa menarik IPO Saham BOAT ini?

Saham BOAT IPO dengan penjamin emisi BRI Danareksa. Perseroan memutuskan IPO dengan melepas 28,57 persen saham ke publik yang setara 1 miliar lembar. 

Dengan target dana yang dihimpun maksimal Rp120 miliar, sekitar Rp75 miliar akan digunakan untuk pelunasan sebagian pinjaman, sedangkan Rp45 miliar akan digunakan untuk modal kerja perseroan. 

BOAT dimiliki oleh tiga pihak, yakni Sujaya Soekarno Putra, Surya Soekarno Putra, dan Dharmawati Djuhana. Ketiganya memiliki secara langsung masing-masing 40 persen, 30 persen, dan 30 persen di saham BOAT. Selain itu, mereka juga memiliki entitas sister company BOAT, yakni PT Newport Offshore Services. Kalau begitu bagaimana dengan prospek BOAT?

Prospek Saham BOAT

Secara keseluruhan, skala bisnis BOAT ini masih cukup kecil. Fokus perseroan menjadi penyedia sewa kapal untuk aktivitas tambang migas. Secara historis kinerja keuangan, BOAT juga punya catatan khusus pada 2021. 

Perseroan sempat mencatatkan kerugian senilai 1,2 juta dolar AS pada 2021. Dalam kondisi itu, perseroan mencatatkan rugi usaha 177.177 dolar AS dengan tunggakan beban bunga dan keuangan 1,02 juta dolar AS. 

Dari segi keuangan, kondisi BOAT pada periode itu cukup riskan. Namun, dalam setahun, kinerja BOAT langsung positif setelah mencatatkan laba bersih 140.373 dolar AS. 

Teranyar, hingga April 2024, BOAT tengah mencatatkan penurunan pendapatan ebesar 11,6 persen menjadi 3,1 juta dolar AS, sedangkan laba bersih turun 89 persen menjadi 1.684 dolar AS.

Jika dihitung proyeksi kinerja BOAT per 2024 dengan skema twelve trailing month (TTM), BOAT mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 21,16 persen menjadi 79.456 dolar AS. 

Namun, kami cukup kurang nyaman dengan tingkat utang perseroan. BOAT mencatatkan tingkat debt to Equity rasio (DER) sebesar 0,92 kali, sedangkan interest coverage atio (ICR) secara TTM sebesar 1,19 kali.

Mungkin, setelah IPO, permasalahan utang ini bisa selesai sementara. Namun, tetap dengan kondisi bisnis yang juga memiliki siklus sesuai dengan tren harga minyak dunia, pendapatan BOAT berpotensi sangat fluktuatif ke depannya. Artinya, dengan tingkat utang yang cukup tinggi, kinerja BOAT berpotensi untuk mengalami gangguan terkait utang. 

 Jika melihat kinerja keuangan BOAT sejak 2021, mereka memiliki tren kinerja yang cukup fluktuatif. Seperti kerugian di 2021, kenaikan di 2022, dan perlambatan di 2023.

4 Pilihan Investasi di Pasar Modal yang Bisa Membuatmu Financial Freedom
Ada banyak pilihan investasi, tapi mana yang terbaik dan bagus untuk dipilih? kami akan ulas semuanya dan memberikan gambaran mana yang terbaik.

Rekam Jejak Penjamin Emisi

Secara historis sepanjang 2023 dan 2024, BRI Danareksa telah menjadi penjamin emisi IPO beberapa emiten seperti, MSJA, UNTD, CUAN, NSSS, dan CNMA. 

Jika dilihat track record pertamanya, BRI danareksa hanya mencatatkan ARA perdagangan hari pertama di dua saham, yakni CUAN dan CNMA.

Sementara itu, di MSJA hanya mencatatkan kenaikan 2 kali tanpa ARA, sedangkan NSS naik satu kali tanpa ARA. 

Kesimpulan

Jika dilihat dari skala bisnis dan valuasinya, harga saham BOAT cukup mahal. Dengan menghitung laba bersih per saham BOAT dengan twelve trailing month ari data April 2024, tingkat PE tembus 284 kali. 

Lalu, untuk PBV, Boat mencatatkan sekitar 1,34 kali. Level yang belum tinggi sekali tapi sudah cukup murah. 

Dari segi dividen, Perseroan berencana hanya akan bagikan maksimal 30 persen. Jika menggunakan laba bersih TTM di 2024, tingkat dividen yang dibagikan hanya sekitar Rp0,15 per saham. Jumlah itu berarti potensi yield dengan asumsi harga IPO ada di 0,11 persen.

Menurutmu bagaimana saham BOAT setelah membaca ini?

Mulai Langkah Investasi Saham-mu Bersama Mikirdividen

Kamu bisa mengetahui gambaran benefit jadi member mikirdividen dengan klik di sini.

Secara umum, kamu akan mendapatkan beberapa benefit dengan menjadi member mikirdividen seperti:

Analisis 31 Saham Dividen yang Cocok untuk Investasi Jangka Panjang (Di-update fundamentalnya per 3 bulan dan harga wajar secara real-time)24 Digest, Publikasi bulanan yang bisa memandumu investasi saham dengan fenomena yang bakal terjadi di bulan selanjutnyaGrup Diskusi di WhatsappEvent Online Bulanan

Kamu bisa jadi member Mikirdividen dengan Harga Diskon 33% menjadi Rp400.000 per tahun. Untuk join jadi member bisa klik di sini. | Promo Paket Ini Berlaku Hingga 31 Desember 2024

Selain itu ada promo lainnya seperti:

Paket Lengkap Mikirdividen 1 Tahun + Paket e-Book Saham Pertama: DISKON 44% menjadi Rp500.000. Tertarik dengan paket ini, klik link di sini | Promo Paket ini hanya berlaku hingga 30 September 2024Paket e-Book Saham Pertama dengan Benefit (e-Book Saham Pertama, Rekaman Event Saham Pertama, Kalkulator Harga Wajar): DISKON 33% menjadi Rp200.000. Tertarik dengan paket ini, klik link di sini | Promo Paket Ini Berlaku hingga 31 Desember 2024

Jangan lupa follow kami di Googlenews dan kamu bisa baca di sini

Loading